Wukuf di Arafah

Wukuf di arafah adalah kegiatan berdiam diri para jamaah di padang arafah. Kegiatan ini  dilakukan sejak tergelincir matahari (siang) sampai terbenam matahari dengan mengenakan pakaian ihram. Momen wukuf ini disarankan untuk merenung, berintrospeksi diri, berzikir, berdoa dan meminta ampunan atas semua dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.

Saat wukuf di arafah menjadi semacam replika dari kondisi ketika di padang mahsyar nanti. Ketika seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam sampai akhir zaman dikumpulkan sebelum diputuskan kemana ia akan melangkah, apakah surga atau neraka. Persis ketika sedang melaksanakan wukuf, berpakaian yang sama dan berpanas terik dibawah matahari sambil mengingat-ingat setiap perbuatan baik dan buruk yang pernah dilakukan semasa hidupnya. Wukuf di arafah menjadi barometer kehidupan akhirat kelak.

Padang Arafah

Ayat terakhir dari Al-Quran surat Al-Maidah ayat 3 pun turun ketika Nabi Muhammad melaksanakan wukuf di Arafah. Beliau menyampaikan khutbah dan lalu turunlah ayat tersebut yang kemudian peristiwa haji di tahun itu disebut dengan haji wada' (haji perpisahan).

Begitu banyak kemuliaan dan nilai lebih dari wukuf di arafah, semoga kita (yang berhaji) dapat melaksanakannya dengan baik dan semoga kita (yang belum berhaji) diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan rukun islam yang kelima minimal sekali dalam sisa usia hidup kita.AMIN.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment