Home » » Mempercepat Loading Blog Dengan Menghapus CSS Sampah

Mempercepat Loading Blog Dengan Menghapus CSS Sampah

Mempercepat Loading Blog Dengan Menghapus CSS Sampah. Sebelum kita mulai membahas ini, bagi anda yang masih awam atau newbie mungkin bingung, kode css yang seperti apa sih? Di dalam blogspot atau blogger khususnya, kode css ini berada diantara kode <b:skin><![CDATA[ hingga kode ]]></b:skin> . Salah satu ciri khususnya adalah, kode css ini akan selalu menggunakan kurung kurawal “{ } “untuk variabel-variabelnya.


Terkadang para blogger melakukan edit template di bagian css ini, baik itu menghapus template ataupun menambah dan juga memodifikasi kode css yang ada. Proses edit dan modifikasi css ini sangat sering meninggalkan kode css yang sebenarnya tidak terpakai di dalam template. Padahal ketika proses rendering sebuah halaman blog, browser akan membaca page yang ada tersebut berdasarkan kode css yang tersedia. Jika kode css yang tersedia ternyata terdapat css yang tidak terpakai (baca: css sampah) yang terlalu banyak, maka bisa mengakibatkan proses loading blog menjadi lambat. Salah satu solusinya adalah dengan menghilangkan kode css yang tidak terpakai ini.

Untuk menghapus dan menghilangkan kode css yang tidak terpakai ini, kita tak perlu satu persatu mengamati dan mencocokkan setiap kode css yang tersedia, ini sangat membutuhkan waktu dan membosankan sekali. Tak perlu kita lakukan itu. Ada sebuah tools yang bisa kita pakai untuk membantu mengatasi permasalahan kita ini untuk mempercepat loading blog dengan cara menghapus css yang terpakai, yaitu dengan menggunakan Google Chrome.

Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Menghapus CSS Sampah
Berikut ini tips trick blogger untuk mempercepat loading blog dengan menghapus css yang tidak terpakai.
  1. Buka halaman blog anda dengan menggunakan Google Chrome.
  2. Pada pojok kanan atas tekan simbol kunci, pilih Tools dan tekan Developer Tools. Atau jika ingin yang lebih praktis dan cepat, bisa juga dengan shortcut keyboard dengan menekan kombinasi tombol ctrl+shift+I.
  3. Pada bagian select audit to run. Hilangkan centang pada Network Utilization. Dan pastikan centang juga pada bagian Web Page Performance dan pilih Audit Present State. Setelah selesai klik Run.
  4. Hasilnya silahkan ditunggu. Anda akan diberikan list css yang tidak terpakai pada option Remove unused CSS rules.
  5. Selesai, anda tinggal edit lagi css anda dan hapus css yang tidak terpakai berdasarkan suggest dari google chrome tersebut.
Artikel mengenai Mempercepat Loading Blog Dengan Menghapus CSS Sampah selain cara tersebut, ada juga tools online yang bisa anda gunakan secara gratis yaitu tools dari unused-css.com. Caranya juga simple dan praktis. Tinggal anda masukkan link url atau kode css anda, dan anda tinggal menunggu rekomendasi dari mereka.
Thanks for reading Mempercepat Loading Blog Dengan Menghapus CSS Sampah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment