Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer Desktop dan Laptop

[Apihyayan Blog] Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer Desktop dan Laptop kali ini admin Apihyayan informasikan untuk kalian, dimana Whatsapp web adalah sebuah halaman website yang disediakan khusus bagi pengguna aplikasi Whatsapp agar dapat melakukan kegiatan chatting melalui komputer desktop atau laptop. Tampilan WA Web di komputer desktop sama persis dengan di smartphone. Kelebihan chatting Whatsapp dengan komputer desktop/ laptop adalah ukuran layar monitornya yang lebih besar, serta kemudahan dalam mengetik teks dan mengirimkan file.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer Desktop dan Laptop

Caranya cukup menggunakan aplikasi browser di komputer / laptop kalian. Untuk itu gunakan aplikasi browser tercepat agar kegiatan chatting lebih lancar. Misalnya; Google Chrome, Mozila Firefox, dan Opera.

Syarat Menggunakan WA Web

Sebelum dapat menggunakan layanan Whatsapp web, kamu harus memenuhi beberapa syarat minimum berikut ini:
  • Smartphone kamu menggunakan OS Android, iOS 8.1+, Windows Phone 8.0 dan 8.1, Blackberry 10.
  • Smarphone kamu harus memiliki kamera belakang yang berfungsi dengan baik untuk proses pemindaian kode QR (QR Code).
  • Kamu telah memiliki akun Whatsapp yang aktif di smartphone kamu.
  • Pastikan koneksi internet kamu stabil, baik itu pada komputer/ laptop maupun smartphone.
  • Komputer/ laptop kamu menggunakan aplikasi browser yang cepat dan terbaru. Misalnya Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, dan lainnya.
  • Agar dapat menggunakan layanan Whatsapp web dengan lancar, maka kelima syarat tersebut harus dipenuhi. Bila salah satu syarat saja tidak terpenuhi maka kamu tidak bisa menggunakan WA web.

Cara Mengakses ke WhatsApp Web

Untuk menggunakan Whatsapp web di PC atau laptop, kamu harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu antara Whatsapp di smartphone kamu dengan Whatsapp web. Tidak sulit kog, cukup melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Buka situs https://web.whatsapp.com pada browser di komputer kamu.
2. Buka aplikasi Whatsapp di smartphone kamu. Bagi para pengguna Android, selanjutnya tap tanda titik tiga pada bagian atas kanan Whatsapp di smartphone kamu tadi.
3. Selanjutnya akan muncul drop down, kemudian tap pada bagian WhatsApp Web.
4. Kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi, lalu tap pada bagian OK, GOT IT
5. Langkah terakhir, silahkan kamu pindai QR Code yang terlihat di monitor komputer dengan menggunakan Whatsapp di smartphone kamu. Sampai pada langkah ini Whatsapp kamu sudah terhubung dengan WA web dan siap untuk digunakan.

Cara Menggunakan WA Web

Pada dasarnya cara menggunakan Whatsapp Web sama saja seperti ketika kita menggunakan aplikasi Whatsapp di smartphone. Namun, sayangnya ada fitur Whatsapp yang belum bisa digunakan di WA web, yaitu; video call dan voice call.

Beberapa fitur Whatsapp lainnya yang bisa kamu gunakan di Whatsapp web diantaranya:

1. Chatting, caranya sangat mudah seperti menggunakan WA di smartphone. Cari nama teman melalui fitur pencarian di WA, atau arahkan kursor komputer ke percakapan terakhir dengan orang lain.

2. Voice Recording, sama halnya ketika kita merekam suara melalui Whatsapp di smartphone. Klik tombol micropohone pada bagian kanan bawah, nanti akan muncul pop up untuk konfirmasi.

Klik tombol Allow/ Izinkan, lalu klik tombol Ok, I Got It. Selanjutnya fitur voice recording bisa langsung digunakan di WA Web.

3. Mengirim File, melalui Whatsapp web, kita juga dapat mengirimkan file dalam bentuk gambar, video, dokumen, dan kontak. Klik tombol berbentuk seperti penjepit kertas, pilih jenis file yang akan dikirim, pilih file, lalu kirim.

Logout dari Whatsapp Web

Setiap kali selesai menggunakan WA web sebaiknya pastikan untuk keluar agar percakapan di Whatsapp tidak dibaca orang lain. Cara untuk logout dari Whatsapp web sangat mudah, yaitu;

  • Buka aplikasi whatsApp di smartphone kamu, tap tanda tiga titik di bagian kanan atas.
  • Lalu tap WhatsApp Web
  • Kemudian tap Keluar dari semua komputer atau Log out from all divices. Nanti akan muncul pop up konfirmasi, lalu tap Log Out.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer Desktop. Semoga artikel tersebut bermanfaat.