Inilah Cara Meningkatkan Konsentrasi Ketika Belajar

[Apihyayan Blog] Cara Meningkatkan Konsentrasi Ketika Belajar kali ini admin Apihyayan Blog informasikan untuk anda, dimana belajar adalah kewajiban setiap individu, bahkan ketika baru lahir anda sudah dituntut untuk belajar. Namun saat ini, belajar diidentikkan dengan pelajar ataupun mahasiswa. Sehingga rutinitas belajar seolah hanya bagi mereka yang berstatus pelajar.


Pernahkah anda merasa kesulitan untuk fokus dalam belajar ? Tentunya pernah bukan, baik karena faktor pikiran, lingkungan sekitar yang bising, atau karena menahan lapar. Lalu bagaimanakah cara fokus belajar yang benar, agar materi yang sedang anda pelajari dapat anda serap dengan baik. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu anda agar kembali fokus dalam belajar.

Cara Fokus Belajar

1. Rapikan meja belajar
Tempat belajar yang berantakan tentu akan mengganggu konsentrasi anda dalam belajar. Langkah pertamanya adalah membuat ruangan belajar menjadi nyaman, seperti menyingkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting, maupun kertas-kertas yang tidak terpakai dari atas meja belajar. Keadaan ruang belajar yang berantakan, pastinya akan membuat fokus anda terpecah belah. Karena itulah, usahakan ruang belajar selalu bersih dan nyaman, agar suasana pikiran menjadi tenang.

2. Jangan biarkan perut kosong dan menahan lapar
Bisa dipastikan anda tidak akan fokus belajar ketika perut kosong. Anda akan sulit berkonsentrasi dengan baik karena bunyi perut yang menahan lapar.  Karena itu, pastikan sebelum belajar, perut sudah terisi. Akan tetapi jangan terlalu kenyang, karena ketika perut terlalu kenyang, anda cenderung akan mengantuk.

3. Istirahat sejenak
Otak memerlukan waktu untuk beristirahat setelah banyak menyerap informasi. Beristirahatlah sekitar 10 menit, setelah 45 menit belajar. Usahakan segera kembali belajar, dan jangan istirahat lebih dari 20 menit.

4. Jauhkan gadget
Sebaiknya simpan dan jauhkan gadget dari jangkauan mata dan tangan, ubahlah pengaturan nada dering menjadi silent agar anda tidak tergoda untuk membuka dan memainkannya. Karena konsentrasi akan membuyar ketika sering-sering membuka gadget. Terlebih jika berlanjutmembalas pesan teks yang masuk, pasti akan berlarut-larut dan konsentrasi akan memudar.

5. Aturlah batas waktu belajar
Hindarilah sistem belajar kebut semalam, karena memaksakan belajar dalam waktu lama tidaklah baik. Waktu ideal belajar adalah sekitar 1-2 jam saja, dengan syarat benar-benar fokus pada materi yang dipelajari. Tubuh dan energi akan terkuras, apabila anda memforsir waktu belajar.

6. Menjaga kesehatan dengan berolahraga
Olahraga teratur dapat membantu melancarkan peredaran darah, dan menjaga asupan oksigen ke otak. Sehingga mampu mengaktifkan fungsi otak yang dapat mempengaruhi konsentrasi yang baik.

7. Konsumsi air putih yang cukup
Ketika tubuh anda kekurangan cairan, maka konsentrasi andapun akan terganggu. Tubuh memerlukan 2 liter air putih dalam sehari. Karena itu, sudah tentu cara fokus belajar adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Jadi, usahakan setiap belajar selalu sediakan air putih di meja belajar anda.

8. Siapkan semua keperluan belajar
Sebelum memulai belajar, persiapkan apa saja yang kira-kira dibutuhkan, seperti alat tulis, buku-buku, dan keperluan lain. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau gara tidak memudarkan konsentrasi, karena harus mencarinya terlebih dahulu. Dengan begitu, anda tidak perlu beranjak dari kursi dan tetap bisa fokus.

9. Dengarkan musik klasik
Sebagian orang membutuhkan musik untuk membantu konsentrasinya dalam belajar. Namun jangan sampai anda lebih fokus ke musik yang anda dengar daripada materi yang harus anda pelajari. Meskipun dapat membantu menenangkan, akan tetapi tetap saja itu menjadi beban otak anda terbagi, antara mendengar dan bahan pelajaran yang sudah ada.

10. Jangan menyimpang
Biasakan untuk belajar secara teratur dan tidak menyimpang dari tujuan, maksudnya selesaikan dahulu 1 materi pelajaran, setelah itu baru pindah kemateri yang lain. Karena mempelajari beberapa materi dalam 1 waktu hanya akan membuat otak lelah, karena tidak bisa konsentrasi sempurna.

11. Berilah reward pada diri sendiri saat berhasil mencapai target belajar
Jangan lupa ketika target belajar tercapai, berikan reward untuk diri sendiri, misalnya menonton film favorit, atau sekedar berjalan-jalan untuk merefresh otak.

Demikianlah informasi mengenai Cara Meningkatkan Konsentrasi Ketika Belajar. Semoga bermanfaat ya.